Museum Radyapustaka

Museum Radya Pustaka Tambah Koleksi

Koleksi Museum RadyapustakaMuseum Radya Pustaka yang kini memiliki koleksi buku 2000 judul lebih, kini koleksinya bertambah lagi sebanyak 15 judul buku. Buku-buku kuno itu berasal dari sumbangan warga yang tidak mau disebutkan namanya.

“Buku-buku kuno itu berasal dari pemiliknya yang dikirimkan lewat paket pos dengan alamat Museum Radya Pustaka, tetapi tidak ada nama pengirimnya,” kata Sanjata BA yang didampingi Djaka Darjata dari anggota Komite Museum Radya Pustaka di Solo, Selasa.

Buku-buku yang disumbangkan ke Museum Radya Pustaka ini bernilai penting, karena banyak orang yang mencari. “Kami sendiri juga berterima kasih karena museum ini tidak mempunyai koleksi seperti buku tersebut, tetapi ada yang menyumbangkan”, katanya.

Ia mengatakan sebanyak 15 buku tersebut diantaranya yaitu Serat Rama dengan tulisan Jawa Cap dengan menggunakan bahasa Jawa terbitan tahun 1937, yang isinya mengenai ajaran Rama tetapi versi Jawa.

Buku Werdatama Winardi (karya Mangku Negara IV) terbitan tahun 1937 dengan tulisan huruf Latin dengan bahasa Jawa, Kawroeh Kabatosan Jilid I terbitan tahun 1939 dengan tulisan hurup latin bahasa Jawa, buku Wirid Hidayat Jati (karya Ronggowarsito) terbitan tahun 1954 tulisan hurup latin dengan menggunakan bahasa Jawa.


Sumber: Antaranews

Anda disini: Home Event & Berita Museum Radya Pustaka Tambah Koleksi
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter