Museum Radyapustaka

Museum Radya Pustaka Akan Terima Hibah Rp 130 Juta

Halaman Depan Museum RadyapustakaMuseum Radya Pustaka bakal menerima hibah sebesar Rp 130,361 juta dari APBD Perubahan (APBD-P) 2014. Dana tersebut akan digunakan antara lain untuk scanning atau digitalisasi naskah kuno koleksi museum tertua di Indonesia tersebut.

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Surakarta, Supriyanto mengatakan, pihak Museum awalnya mengajukan hibah sebesar Rp 250 juta, untuk membiayai sejumlah kegiatan di sisa tahun anggaran 2014. Salah satunya digitalisasi naskah kuno.

"Tapi dalam pembahasan di Banggar, ada sejumlah kegiatan yang butuh prioritas, sehingga beberapa pengajuan anggaran dirasionalisasi. Untuk Museum Radya Pustaka, hibah yang disetujui Rp 130-an juta dari pengajuan awal Rp 250 juta," tuturnya.

Untuk kekurangan dana Rp 120 juta, rencananya akan dianggarkan pada APBD 2015. "Nanti dilihat, yang pelaksanaan tahun ini seperti apa. Kekurangannya dianggarkan tahun depan," jelasnya.

Ketua Komite Museum Radya Pustaka Purnomo Subagyo membenarkan adanya pengajuan hibah yang akan digunakan untuk biaya tiga kegiatan, yakni digitalisasi naskah kuno, gelar acara menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharam/1 Sura, serta pembangunan fasilitas toilet.

"Pengajuannya memang Rp 250 juta. Tapi kalau disetujui hanya Rp 130-an juta, ya nanti penggunaannya dibagi-bagi untuk tiga kegiatan itu," jelasnya.

Dia menjelaskan, digitalisasi naskah kuno butuh anggaran Rp 100-an juta. Selain memindai ke bentuk digital, juga dilakukan latinisasi atau penerjemahan naskah kuno dari huruf dan bahasa Jawa ke huruf latin dan Bahasa Indonesia. "Yang dipindai sebanyak seribu lembar, dengan biaya Rp 100 ribu per lembar," jelasnya.

Lalu untuk sarana pembuatan toilet, mendesak dilakukan karena ada protes dari pengunjung. Sebab, toilet yang ada saat ini terlalu sempit. "Makanya, pembuatan sarana itu juga jadi prioritas," tuturnya.


Sumber: Suara Merdeka

Anda disini: Home Event & Berita Museum Radya Pustaka Akan Terima Hibah Rp 130 Juta
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter